Monday, December 14, 2015

Lensa Kamera dan Pembiasan Lensa

Lensa Kamera dan Pembiasan Lensa - Sebelumnya, pernakah kalian bercermin? Nah, kenapa cermin bisa memantulkan diri kita sama persis? Nah, itu juga dikarenakan Lensa atau cermin yaitu suatu benda bening yang dibatasi oleh dua buah sektor lengkung. Intinya setiap benda yang memiliki permukaan daan kepadatan yang sangat, maka benda tersebut pasti memantulkan benda didepannya.

Dua sektor lengkung yg membatasi lensa berbentuk silindris ataupun bola. Lensa silindris bersifat memusatkan cahaya dari sumber titik yg jauh kepada satu buah garis, sedangkan lensa yg berbentuk bola yg melengkung ke segala arah memusatkan cahaya dari sumber yg jauh terhadap satu buah titik.

Lensa sendiri memiliki beberapa jenis yakni, lensa cembung dan lensa cekung.
1. Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengah lebih tebal daripada bagian tepinya. Sinar-sinar bias lensa cembung bersifat mengumpul (konvergen). lensa cembung digolongkan menjadi : cembung rangkap (bikonveks), cembung datar (plan-konveks), cembung-cekung (konkaf-konvek)
2. Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada begian tepinya. Sinar-sinar bias lensa cekung bersifat memancar (divergen). lensa cekung digolongkan menjadi : cekung rangkap (bikonkaf), cekung datar (plan-konkaf), cekung-cembung (konveks-konkaf).

Konsep dari lensa seperti itu biasanya diterapkan juga pada lensa kamera. Kamera DSLR memiliki lensa yang sangat luar biasa, itupun juga dibagi berapa pixel yang dimilikinya. Semakin besar pixel yang dimiliki oleh suatu kamera, maka semakin jelas dan terang juga gambar yang akan diterimanya.

Artikel yang membahas tentang harga kamera yang kami ambil dari situs zona9harga.com juga mengatakan bahwa semakin besar spesifikasi yang dimiliki oleh kamera, maka hasil yang diberikan oleh kamera tersebut akan sangat sempurna.

Untuk model pembiasan cahaya nya, sendiri juga terbagi bagi atas lensa yang digunakan. Pembiasan Cahaya pada Lensa cembung sendiri ada tiga Sinar-sinar istimewa pada pembiasan lensa cembung, yaitu :
1. Sinar datang menuju lensa sejajar sumbu utama lensa akan dibiaskan melalui titik fokus aktif F1 lensa
2. Sinar datang melalui titik fokus pasif F2 lensa akan dibiaskan sejajar dengan sumbu utama lensa
3. Sinar datang menuju lensa melalui titik pusat optik lensa akan diteruskan tanpa di biaskan.

Berbeda dari lensa cekung yang memiliki model pembiasan sendiri. Cahaya pada Lensa cekung juga ada tiga sinar-sinar istimewa pada pembiasan lensa cekung yaitu :
1. Sinar datang menuju lensa sejajar sumbu utama akan lensa dibiaskan seakan-akan dari titik fokus aktif F1 lensa
2. Sinar datang menuju lensa seakan-akan melalui titik fokus pasif F2 lensa akan dibiaskan sejajar sumbu utama lensa
3. Sinar datang meuju lensa melalui titik pusat optik lensa akan diteruskan tanpa dibiaskan

No comments:

Post a Comment