Wednesday, February 11, 2015

Ukuran Lapangan Bola Voli Standart Nasional

Ukuran Lapangan Bola Voli Standart Nasional : Permainan bola voli memang sangat menyenangkan. Permainan bola voli membutuhkan 6 orang di setiap tim. Nah, untuk teman-teman yang suka bermain voli, harus juga memiliki lapangan khusus untuk olah raga voli ini. Maksudnya ukuran dari permainan bola voli ini harus sesuai, agar jarak di setiap pemain tidak terlalu dekat atau terlalu jauh.

Olah raga bola voli merupakan cabang olah raga yang cukup banyak diminati. Bahkan ada juga kejuaraan yang diadakan disetiap negara untuk oleh raga bola voli tersebut. Ukuran lapangan bola voli sendiri ada klarifikasinya tersendiri. Yang perlu diperthatikan adalah dari Daerah Servise, Jaring/Net, dan juga Antene Rod.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli standart nasional :

Seperti hanya ukuran lapangan bulu tangkis, namun ukuran lapangan bola voli lebih lebar dan panjang. Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 m x 9 m dengan lebar garis serang 3 m, untuk lebih jelasnya klarifikasi lapangan bola voli sesuai standart nasional.

Standar Ukuran lapangan bola voli :
Panjang lapangan : 18 meter
Lebar lapangan : 9 meter
Lebar garis serang : 3 meter

Ukuran Net dan Tiang bola voli :
Ukuran Lebar net bola voli : 1 meter
Ukuran Tinggi antena pada net bola voli : 0,8 centimeter
Ukuran Tinggi net untuk putra : 2,43 meter
Ukuran Tinggi net untuk putri : 2,24 meter
Ukuran Tinggi tiang net bola voli : 2,55 meter
Ukuran Mata jala net : 10 centimeter
Ukuran Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli : 0,5 – 1 meter
Ukuran Pita tepian samping net : 5 centimeter sepanjang 1 meter
Ukuran Pita tepian atas net : 5 centimeter

Terdapat pula daerah service, daerah service sendiri memuliki ukuran selebar 9 meter di belakang setiap garis akhir dan dibatasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir. Untuk posisi pemain bola voli sendiri 3 di bagian depan dan 3 di bagian belakang.

ukuran lapangan bola voli

Nah itu ukuran lapangan bola voli standart nasional. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membuat lapangan bola voli, diterapkan juga untuk ukuran tersebut guna berlatih olah raga bola voli.

No comments:

Post a Comment