Saturday, February 7, 2015

Macam-macam Gas Mulia & Manfaatnya

Macam-macam Gas Mulia & Manfaatnya - Gas mulia merupakan suatu unsur yang terdapat di dalam golongan VIIIA dan memiliki kestabilan yang sangat tinggi. Gas yang memiliki sifat lengai dan tidak reaktif. Maksudnya gas ini susah bereaksi dengan bahan kimia lain.

Unsur dari gas mulia sendiri terdiri dari 2He yakni (Helium), 10Ne (Neon), 18Kr (kripton) dan 54Rn (Radon). Khusus untuk gas mulia Radon, karena radon merupakan gas mulia yang mempunyai sifat radioaktif. Nah disini kami akan menjabarkan macam-macam gas mulia, dan tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat dari gas mulia.

Untuk tabel dari macam-macam unsur kimia :

Macam-macam Gas Mulia & Manfaatnya

Gas mulia sendiri memiliki sifat khusus, untuk anda yang ingin tahu dari sifat-sifat dari gas mulia, ini kami jabarkan beberapa sifat dari gas mulia tersebut sebagai berikut:

  1. Merupakan gas-gas monoatomik. Gas Helium tidak akan ditemukan dengan rumus molekul He2. Selain itu unsur ini juga tidak berasa dan tidak berbau.
  2. Kelarutan gas mulia dalam air sangat dipengaruhi oleh ukuran atom, semakin ke bawah maka semakin mudah gas mulia tersebut akan larut dalam air. Sedangkan gas mulia Helium dan Neon, mereka tidak bisa larut, untuk Argon, Kripton, dan Xenon gas tersebut sedikit larut
  3. Unsur dari Gas Mulia sendiri memang sukar bereasksi. Maksudnya gas mulia tersebut sudah stabil. Hal tersebut karena gas mulia sudah stabil maka unsur gas mulia sukar sekali bereaksi dengan unsur lain. Gas mulia bisa larut apabila berhadapan dengan unsur atau senyawa yang lain. 
Manfaat Gas Mulia :
Secara umum, manfaat atau fungsi dari gas mulia ialah sebagai pengisi bola lampu listrik, seperti argon merah muda atau biru atau gas neon warna merah. Selain itu gas mulia juga mempunyai manfaat yang lain, yang perlu di ingat bahwa gas mulia merukan unsur yang sudah stabil, maka dari itu tidak ada campuran ataupun yang lain kecuali dengan rekayasa.

Nah itulah sedikit pencerahan artikel dari macam-macam gas mulia dan manfaatnya, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya pelajar Indonesia.

No comments:

Post a Comment